SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA --- PIMPINAN & STAF BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri"
Sejarah

Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Karantina Pertanian dibawah Kementerian Pertanian. Karantina pertanian merupakan garda terdepan dalam perlindungan pertanian dan keragaman sumber daya hayati yang dimiliki Indonesia. Sesuai tuntutan dan tanggung jawab yang telah diamanahkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan, dan tumbuhan, Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta ditunjuk oleh Badan Karantina Pertanian, yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan karantina di Indonesia, menjadi badan pelaksana sistem perkarantinaan pertanian di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Balai Besar Karantina Pertanian merupakan hasil penggabungan antara Balai Besar Karantina Hewan Soekarno-Hatta dan Balai Karantina Tumbuhan Kelas I Soekarno-Hatta pada tahun 2008. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 22/Permentan/OT.140/4/2008 tanggal 3 April 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian.

Organisasi


Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 22/Permentan/OT.140/4/2008 tanggal 3 April 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian, Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta menjalankan tugas dengan dilengkapi susunan organisasi sebagai berikut:

  1. Bagian Umum
  2. Bidang Karantina Hewan
  3. Bidang Karantina Tumbuhan
  4. Bidang Pengawasan dan Penindakan
  5. Kelompok Jabatan Fungsional

Ruang Lingkup Kegiatan Pelayanan

Dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta (BBKP Soekarno Hatta) memberikan pelayanan dengan ruang lingkup pelayanan meliputi:

  • Tindakan karantina hewan dan pengawasan keamanan hayati hewani
  • Tindakan karantina tumbuhan dan pengawasan keamanan hayati nabati

Tugas Pokok

Melaksanakan kegiatan operasional perkarantinaan hewan dan tumbuhan, serta pengawasan keamanan hayati hewani dan nabati.

Fungsi

  1. Penyusunan rencana, evaluasi, dan pelaporan
  2. Pelaksanaan pemeriksaan, pengasingan, pengamatan, perlakuan, penahanan, penolakan, pemusnahan, serta pembebasan media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK)
  3. Pelaksanaan pemantauan daerah sebar HPHK dan OPTK
  4. Pelaksanaan pembuatan koleksi HPHK dan OPTK
  5. Pelaksanaan pengawasan keamanan hayati hewani dan nabati
  6. Pelaksanaan pemberian pelayanan operasional pengawasan keamanan hayati hewani dan nabati
  7. Pengolahan sistem informasi, dokumentasi, serta sarana teknik karantina hewan dan tumbuhan
  8. Pelaksanaan pengawasan dan penindakan pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang karantina hewan, karantina tumbuhan, serta keamanan hayati hewani dan nabati
  9. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga

Visi Kementerian Pertanian

Terwujudnya Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Kedaulatan Pangan merupakan hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan pangan yang menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan yang akan memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumberdaya lokal.

Kesejahteraan petani merupakan kondisi hidup layak bagi petani dan keluarganya sebagai aktor utama pelaku usaha pertanian yang diperoleh dari kegiatan di lahan dan usaha yang digelutinya.



Misi Kementerian Pertanian

Dalam rangka mewujudkan visi ini maka misi Kementerian Pertanian adalah

  1. Mewujudkan ketahanan pangan dan gizi
  2. Meningkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Komoditas Pertanian
  3. Mewujudkan kesejahteraan petani
  4. Mewujudkan Kementerian Pertanian yang transparan, akuntabel, profesional dan berintegritas tinggi

Mewujudkan ketahanan pangan dan gizi adalah melaksanakan pembangunan dalam rangka meningkatkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan sebagai pemenuhan konsumsi pangan dan gizi masyarakat.
Meningkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Komoditas Pertanian adalah mendorong komoditas pertanian memiliki keunggulan bersaing dan nilai yang lebih baik dari hasil produksi, penyimpanan, pengolahan dan distribusi.
Mewujudkan kesejahteraan petani adalah Meningkatkan kesejahteraan petani dengan melakukan perlindungan dan pemberdayaan petani Mewujudkan Kementerian Pertanian yang transparan, akuntabel, profesional dan berintegritas tinggi adalah Meningkatkan tatakelola organisasi Kementerian Pertanian dalam mewujudkan organisasi yang transparan, akuntabel, professional dan berintegritas tinggi dalam memberikan layanan kepada masyarakat .


Visi BBKP Soekarno-Hatta

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta memiliki visi: “Profesional, Tangguh dan terpercaya melindungi dan menjaga kelestarian sumber daya alam hayati“

Misi BBKP Soekarno-Hatta

  1. Melaksanakan pengawasan terhadap lalu-lintas media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dalam upaya melindungi dan melestarikan sumber daya alam hayati secara berkesinambungan
  2. Melindungi masyarakat dari ancaman penyakit Zoonosis dan menjamin keamanan pangan hayati dan nabati
  3. Mendukung daya saing komoditas hewan dan tumbuhan dalam perdagangan domestik dan internasional melalui sertifikasi
  4. Mendorong peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan perkarantinaan pertanian
  5. Mengembangkan transparansi pelayanan melalui teknologi informasi
  6. Meningkatkan citra dan kualitas pelayanan


Alamat Kementerian Pertanian

Jl. Harsono RM No.3 Ragunan Jakarta Selatan
Nomor Telp : (021)7804086, 7804056
Nomor Fax : (021)7804106, 78833066

Alamat Badan Karantina Pertanian

Gedung E, Lantai I,III,V,dan VII.
Jl. Harsono RM No.3 Ragunan Jakarta Selatan
Nomor Telp : (021)7816481
Nomor Fax : (021)7816481

Alamat Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta

Gedung Karantina Pertanian Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang 15126
Nomor Telp : (021)5507930, 5500824
Nomor Fax : (021)5500623, 5507930

Motto

Dalam menjalankan pelayanan karantina pertanian di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, motto kami adalah “We serve faster, easier and safe”