SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA --- PIMPINAN & STAF BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri"

Impor


Setiap Media Pembawa Yang Dimasukkan Ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, Wajib:

  1. Dilengkapi sertifikat kesehatan tumbuhan (Phytosanitary Certificate) dari negara asal dan/atau negara transit bagi tumbuhan dan bagian-bagiannya, kecuali media pembawa yang tergolong benda lain;
  2. Melalui tempat-tempat pemasukan yang telah ditetapkan; dan
  3. Dilaporkan dan diserahkan kepada Petugas Karantina Tumbuhan di tempat pemasukan untuk keperluan tindakan karantina.

Apabila Media Pembawa yang dimasukkan ke dalam wilayah Negara Republik Indonesia berupa benih/ bibit tumbuhan, wajib:

  1. Dilengkapi sertifikat kesehatan tumbuhan (Phytosanitary Certificate) dari negara asal dan/atau negara transit;
  2. Dilengkapi Surat Izin Pemasukan Menteri Pertanian Negara Republik Indonesia.

Ekspor


Setiap Media Pembawa yang akan dikeluarkan dari dalam wilayah Negara Republik Indonesia, apabila disyaratkan oleh negara tujuan, wajib:

  1. dilengkapi Sertifikat Kesehatan Tumbuhan dari tempat pengeluaran bagi tumbuhan dan bagian-bagiannya, kecuali Media Pembawa yang tergolong benda lain;
  2. melalui tempat-tempat pengeluaran yang telah ditetapkan;
  3. dilaporkan dan diserahkan kepada petugas Karantina Tumbuhan di tempat-tempatpengeluaran untuk keperluan tindakan Karantina Tumbuhan.

Selain persyaratan yang diwajibkan sebagaimana dimaksud dalam hal tertentu Menteri dapat menetapkan kewajiban tambahan. Kewajiban tambahan sebagaimana dimaksud berupa persyaratan teknis dan/atau kelengkapan dokumen yang ditetapkan berdasarkan analisis Organisme Pengganggu Tumbuhan. Ketentuan lebih lanjut tentang kewajiban tambahan sebagaimana dimaksud diatur dengan Keputusan  Menteri.

 

Antar Area


Setiap Media Pembawa yang dibawa atau dikirim dari suatu Area ke Area lain di dalam wilayah Negara Republik Indonesia, wajib:

  1. dilengkapi Sertifikat Kesehatan Tumbuhan dari Area asal bagi tumbuhan dan bagianbagiannya, kecuali Media Pembawa yang tergolong benda lain;
  2. melalui tempat-tempat pemasukan dan pengeluaran yang telah ditetapkan;
  3. dilaporkan dan diserahkan kepada petugas Karantina Tumbuhan di tempat-tempat pemasukan dan pengeluaran untuk keperluan tindakan Karantina Tumbuhan.
  • Kewajiban sebagaimana dimaksud dikenakan terhadap setiap Media Pembawa yang dibawa atau dikirim dari suatu Area yang tidak bebas ke Area lain yang bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina.
  • Penetapan Area sebagaimana dimaksud dilakukan oleh Menteri berdasarkan hasil survei dan pemantauan daerah sebar serta dengan mempertimbangkan hasil analisis resiko Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina.