SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA --- PIMPINAN & STAF BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri"

PROFIL LABORATORIUM PENGUJIAN DAN INSTALASI KARANTINA

BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA


Laboratorium Pengujian


Laboratorium uji BBKP Soetta merupakan salah satu sarana pendukung kegiatan tindakan karantina tumbuhan dan hewan. Laboratorium sebagai fasilitas yang sangat penting bagi penyelenggaraan karantina karena hasil pemeriksaan di laboratorium akan menentukan keputusan yang akan diambil tentang bebas tidaknya suatu media pembawa dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) atau Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Laboratorium BBKP Soetta terletak di jalan Perimeter Selatan masih berada dalam kompleks dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Laboratorium BBKP Soetta terdiri atas laboratorium Karantina Hewan dan laboratorium Karantina Tumbuhan. 

Laboratorium Karantina Hewan terdiri atas 5 ruang lingkup pengujian diantaranya adalah  Biologi Molekuler, Mikrobiologi, Virologi, Parasitologi dan Keamanan Hayati Hewani.  Jenis pengujian yang mampu dilakukan ialah Reverse Transcriptase–Polymerase Chain Rection (RT-PCR) dan real time Reverse Transcriptase–Polymerase Chain Rection (rtRT-PCR) untuk deteksi virus Avian Influenza, uji cemaran mikroba, uji pewarnaan giemsa untuk deteksi parasit darah, Indirect Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (I-ELISA) deteksi antibodi Rabies, Indirect Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (I-ELISA) deteksi antibodi Equin Infectious Anemia (EIA), dan pengujian kadar residu nitrit pada sarang burung walet dengan metode Spektrofotometri UV-VIS.

Dalam rangka memenuhi sistem manajemen mutu sesuai ISO 17025 : 2017, laboratorium BBKP Soetta terus melakukan pembenahan baik dari segi administrasi, teknis maupun sumber daya manusia. Laboratorium yang terakreditasi dapat menjamin tingkat ketelitian, akurasi dan validitasnya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga akan meningkatkan kepercayaan pengguna jasa terhadap hasil pengujian yang dilakukan oleh Laboratorium BBKP Soetta.

Pada tanggal 27 September 2012 Laboratorium BBKP Soetta  telah terakreditasi sebagai laboratorium penguji dengan nomor LP-646-IDN. Hingga Tahun 2019 ini ruang lingkup akreditasi Laboratorium Karantina Hewan meliputi Indirect Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (I-ELISA) deteksi antibodi Rabies dan Indirect Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (I-ELISA) deteksi antibodi Equin Infectious Anemia (EIA).



Instalasi Karantina Hewan


Instalasi Karantina BBKP Soetta merupakan salah satu sarana pendukung kegiatan tindakan karantina hewan dan tumbuhan. Di instalasi karantina tersebut dilakukan tindakan pengasingan, pengamatan, perlakuan, dan pemeriksaan fisik lebih lanjut untuk mendeteksi hama penyakit hewan karantina (HPHK). Selain itu dilakukan dapat tindakan perlakuan seperti desinfeksi dan pengobatan baik yang bersifat preventif, kuratif maupun promotif.

Instalasi Karantina Hewan adalah suatu bangunan berikut peralatan dan lahan serta sarana pendukung yang diperlukan sebagai tempat untuk melakukan Tindakan Karantina. Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Soekarno Hatta terletal di Perimeter Selatan, Kompleks Bandara Soekarno Hatta.

Instalasi Karantina Hewan Balai Besar Karantina Soekarno Hatta dibangun pada tahun 2007, memiliki fasilitas, antara lain :

1.    Instalasi Karantina Hewan untuk anjing, terdiri dari dua kandang dengan kapasitas 35 ekor

2.    Instalasi Karantina Hewan untuk kucing, dengan kapasitas 21 ekor

3.    Instalasi Karantina Hewan untuk reptil, dengan kapasitas tergantung jenis reptil

4.    Instalasi Karantina Hewan untuk primata, dengan kapasitas 22 ekor

5.    Instalasi Karantina Hewan untuk kuda, dengan kapasitas 6 ekor

6.    Instalasi Karantina Hewan untuk unggas besar/ayam, dengan kapasitas 15 ekor

7.    Instalasi Karantina Hewan untuk unggas kecil/burung, dengan kapasitas tergantung jenis burung

Sarana pendukung lainnya, antara lain

1.    Kantor, dengan fasilitas di dalamnya antara lain : ruang tamu, ruang rapat, ruang periksa, dan ruang peralatan

2.    Car wash/car dipp

3.    Incenerator, dengan kapasitas 400-500 Kg

4.    Cold storage, dengan kapasitas 2 ton

5.    Kinik, yang dilengkapi dengan USG, hematologic dan meja periksa

6.    Mess pegawai

7.    Pos Jaga