SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA --- PIMPINAN & STAF BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri"

Aksi Nekad 4 WNI Menyelundupkan 216 Ekor Burung dari Manila, Digagalkan! Featured

28 July 2019 Humas BBKP Soetta Berita BBKP Soetta 63 Views

Tangerang - Belum genap seminggu aksi yang lalu, tadi malam (24/07), lagi-lagi digagalkan penyelundupan ratusan burung jenis Lovebirds yang disembunyikan dalam tas ransel oleh 4 orang WNI. Aksi berhasil dicegah petugas,

begitu para pelaku tiba di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta. Pelaku memasukkan 216 ekor burung ke dalam pipa-pipa PVC yang sudah didesain. Pipa lalu disusun ke dalam 4 tas ransel besar yang dibawa masing-masing pelaku.

Sementara, Kepala Bidang Karantina Hewan Karantina Pertanian Soekarno-Hatta, Nuryani Zainuddin mengungkapkan, keberhasilan ini merupakan hasil koordinasi yang baik dengan instansi terkait, kesiapan petugas Karantina Pertanian Soekarno Hatta dan pengembangan kasus serta informasi pelaku yang lalu.

Kedatangan burung berwarna-warni ini ke Indonesia tidak dilengkapi Sertifikat Kesehatan Hewan (Health Certificate) dari negara asalnya dan jelas melanggar UU Nomor 16 Tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, serta PP Nomor 82 Tahun 2000 tentang Karantina Hewan.

"Tak bosan-bosan kami mengingatkan kepada masyarakat, pelanggaran ini dapat berakibat sanksi ratusan juta rupiah dan maksimum 3 tahun hukuman penjara" ungkap Wirokartiko, Kepala Seksi Pengawasan Penindakan Karantina Hewan, Karantina Pertanian Soekarno Hatta.

Barang bukti berupa ratusan Burung Lovebirds ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan Soekarno Hatta dan identitas pelaku telah disimpan untuk menunggu proses lebih lanjut.