SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA --- PIMPINAN & STAF BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri"

Kolaborasi Apik Karantina Soetta Dan Avseq Soetta, Gagalkan Upaya Penyelundupan Paruh Burung Enggang Featured

28 July 2019 Humas BBKP Soetta Berita BBKP Soetta 46 Views

Tangerang - SobatQ, berkat koordinasi yang baik dengan Petugas Avsec @avsec_indonesia, upaya penyelundupan Paruh Burung Enggang di keberangkatan Terminal 3 Bandar Udara Internasional

Soekarno Hatta @soekarnohattaairport berhasil digagalkan, Rabu (17/7) dini hari.

Awalnya, terlihat tampilan benda mencurigakan di layar X-Ray dan diperkirakan adalah paruh burung. Benar saja, setelah dilakukan pengecekan ditemukan sebanyak 72 buah potongan paruh Burung Enggang yang dikemas dengan aluminium foil. Semuanya dimasukkan dalam kaleng makanan. Menurut informasi Paruh Burung Enggang tersebut rencananya akan dibawa ke Hongkong. Kini pelaku beserta barang bukti diamankan untuk menjalani proses pemeriksaan selanjutnya.

FYI SobatQ, Indonesia adalah rumah bagi 13 spesies Enggang atau Rangkong yang 3 di antaranya endemik yaitu Enggang Sumba, Enggang Sulawesi dan Kangkareng Sulawesi. Burung - burung ini merupakan spesies yang dilindungi oleh UU No. 5 Tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya yang apabila melakukan penyelundupan akan dikenakan sanksi berupa hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 100.000.000,00.

SobatQ, mari bersama - sama kita jaga serta lindungi keanekaragaman hayati Indonesia agar tetap lestari.