SELAMAT DATANG DI WEBSITE BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA --- PIMPINAN & STAF BALAI BESAR KARANTINA PERTANIAN SOEKARNO HATTA MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri"

Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Karantina Pertanian Soetta Lakukan Audit Eksternal ISO SNI 9001:2015

06 March 2020 by Berita BBKP Soetta 72 Views

Tangerang - SobatQ, tau gak sih kalau kualitas pelayanan publik suatu perusahaan atau lembaga pemerintahan itu harus didasarkan pada standar pelayanan. Adanya UU No. 25 tahun 2009

tentang pelayanan publik tentunya memberikan arahan kepada seluruh penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi komponen standar pelayananya. Akan tetapi menurut Laporan Ombusdman Republik Indonesia (ORI), sepanjang tahun 2019 pelayanan publik masih terbilang lambat, padahal ekspektasi masyarakat terhadap hal ini sangat tinggi.

Hal ini mendasari Karantina Pertanian Soetta sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) pelaksana pelayanan publik membantu akselerasi ekspor dalam penerbitan Health Certificate (HC)/Phytosanitary Certificate (PC) berupaya membuat terobosan dibidang pelayanan. Saat ini, Karantina Pertanian Soetta memiliki sistim aplikasi Q-corner yang diharapkan mampu mempercepat proses penerbitan HC/PC. Tak hanya itu, transparansi dalam proses pemberian pelayanan publik juga disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan.

Untuk menjamin mutu layanan tersebut sudah sesuai prosedur dan bebas pungli, tim auditor PT. Garuda Sertifikasi Indonesia mengunjungi Karantina Pertanian Soetta untuk melakukan audit eksternal terkait SNI ISO 9001:2015 multi lokasi Badan Karantina Pertanian. Tim yang dipimpin Jhoni Salim, serta Eka Martana selaku auditor melakukan audit dengan metode diskusi dengan top manajemen, pengelola sistem dan bidang terkait lainnya di Karantina Soetta baik di wilayah kerja Soekarno Hatta ataupun di Wilker Halim Perdanakusuma.

Adanya audit eksternal ini diharapkan mutu layanan akan semakin sesuai sehingga masyarakat lebih dimudahkan dalam menjangkau dan mengakses layanan Karantina Pertanian Soetta.